Senin, 26 Januari 2009

INGIN JADI FRATER ?


Halo...
Anda ingin jadi Frater dan saudara kami ? Kami senag sekali Anda menjadi saudara kami dan kami akan memanggil dengan sebutan yang sama juga dengan kami karena Anda menjadi anggota kami.

Siapa sebenarnya FRATER BUNDA HATI KUDUS ITU ?

Frater BHK ?
Frater Bunda Hati Kudus itu sebuat tarekat religius laikal pria, artinya tak tertahbis. Kami adalah anggota Gereja Umat Allah. Awam religius yang membaktikan diri demi perwujudan Kerajaan Allah di dunia. Kami adalah kaum pendosa yang dipilih Allah untuk menjadi tangan dan kamiNya dan melanjutkan karyaNya terus hidup di antara kita.

Karya ?
Karya perwujudan kami sebagai Frater adalah karya Gereja juga, yakni menjadi teman perjalanan kaum muda menuju kepenuhan hidup mereka yakni secitra dengan Allah. Kami menjadi teman berarti kami mengiringi mereka, berjalan bersama mereka dalam suka dan duka. Juga terbuka akan karya lain yang dituntut bila itu meminta dari kami sekalian.

Kekhasan ?
Kekhasan kami ? ya memang setiap lembaga religius perlu ada kekhasan ya...he.. kekhasan kami ya ...dipanggil Frater.... he. itu salah satu saja. Salib besar besi lagi....he itu salah dua saja. Yang pasti kami mencoba untuk dapat mencintai, sederhana bersama orang miskin supaya mampu menjadi miskin bersama orang miskin di hadapan Allah, taat pada hati nurani dan kehendak Allah serta kebutuhan orang miskin, ingkar diri agar mampu hidup bersama dan demi orang lain (miskin). Itu dulu aja...he.

Kok dipanggil "Frater"?
Ya..memang kami semua dipanggil Frater. Kami ini sebenarnya meneruskan sebuah tradisi masa lalu yang baik. Tradisi ini sudah dimulai oleh Frater CMM, yang juga dipanggil Frater, meneruskan sebuah tradisi kerohanian Fraters Vitae Communae (bruder-bruder kehidupan bersama) yang peduli pada hidup dan pendidikan kaum muda (miskin) di Belanda dan mulai punah. nah gitu deh...dulunya ada imam dan non imamnya, semua dipanggil dengan sebutan Frater. Proses perkembangan selanjutnya akhirnya hanya ada non imam saja. Gitu...kerap dipangdil dengan sebutan Frater Kekal, karena tidak ditahbiskan menjadi imam. Kami bangga dan bersyukur boleh menikmati anugerah tsb. Anda ingin menjadi saudara kami ? boleh kok.

Ngapain aja kerjanya, apa bedanya dengan imam ?
He..sabar..ya. kami memng membaktikan diri seutuhnya demi perwujudan kerajaan Allah di dunia. Dan pelayanankami memang tidak sama dengan imam/kaum tertahbis. Maka tidak heran anggota kami banyak yang kerja menjadi dosen, guru, pendamping iman, ekonom, pustakawan, mengurus kebun, kepala sekolah dll. Na..gitu

Dimana aja bisa dijumpai ?
Kami dapat dijumpai di pulau Jawa (Kediri, Surabaya, Malang), Sumatera (Palembang), Sumba, Flores-NTT (Maumere, Ende, Larantuka), Kupang.

Syaratnya apa sih bisa bergabung "
Berikut ini yang perlu disiapin ya...
1. Anda pasti laki-laki
2. Lulus SMA dan sederajat
3. Punya kemauan menjadi saudara kami.
4. Membuat lamaran ingin masuk menjadi anggota kami.
5. Surat keterangan dari pastor paroki
6. Surat keterangan kesehatan dari dokter
7. Sudah baptis dan kristma (ada suratnya dong tentu)
8. Surat keterangan dari orang tua tentu yang nginjinin.

Kapan aja bisa daftar ? dan kemana ?
Kapan aja Anda dapat mendaftar, terakhir bulan mei berkas harus sudah masuk ke kami,. Anda boleh kok kunjungan dan survey dulu. Yang penting kontak ami dulu. Pintu kami besar dan terbuka lebar lo untuk siapa saja yang mau masuk, liat-liat aja, nginep juga boleh.
Ini alamat sementara ya...

Fr. Patrik Totok Mardianto, BHK
Jl. Raya Karangwidoro 7 Malang
Telp. 0341 - 572103; Hp 081 392 370 506

Tidak ada komentar: