Senin, 24 Januari 2011

PEKAN SPIRITUALITAS HATI KELUARGA CHEVALIER

Kami  anggota komunitas novisiat, khususnya novis tahun kedua sejumlah enam frater mengikuti pekan spiritualitas bersama keluarga Chevalier pada tanggal 13-19 Desember 2010. Proses bersama ini dibimbing oleh Pater Hans Kwakman, MSC bertempat di Novisiat MSC “SANANTA SELA” Karanganyar – Jawa Tengah. Peserta yang ikut adalah para frater novis MSC, para suster PBHK dan kami sendiri tentunya.

Proses pendalaman spiritualitas bersama ini kami rasakan sangat mendukung kami dalam memperdalam spiritualitas hati. Melalui bahan yang disampaikan dan proses bersama yang kami alami, kami dapat masukan yang berarti dan terdorong untuk menjadikan spiritualitas hati menjadi bagian integral dari penghayatan hidup. Pater Hans menghantar kita kepada kharisma keluarga Chevalier yang menjadi penanda, ciri yang menunjukkan jati diri kita. Kharisma tersebut adalah “percaya akan daya kuasa cinta kasih Allah dalam hidup kita dan dalam hati kita”. Kita semua diundang untuk senantiasa mengerti, memperdalam, dan menyatukannya dengan kharisma pribadi kita. Selanjutnya, kita dihantar untuk memahami dinamika spiritualitas hati. Dengan itu, kita semakin mengerti spiritualitas hati dan bagaimana mewujudkannya dalam hidup sehari-hari.

Proses yang kami jalani begitu menyenangkan. Proses pendalaman materi, diikuti pendalaman pribadi dan kelompok serta pleno, membuat kami semakin mengerti dan makin masuk ke dalam hati kami sendiri. Kami semakin diperteguh melalui proses-proses yang ada. Selain itu, proses yang ada tidak terlalu mengejar materi, semua mengalir dengan efektif. Kebersamaan malam hari waktu rekreasi bersama menjadi jalinan bagi kami masing-masing untuk saling mengenal, mempererat persaudaraan di antara kami. Kami juga berolah-raga bersama baik sesama novis maupun dengan staf dari ketiga tarekat. Pada akhir proses, kami berekreasi bersama di Wisata Air -  OABONG PURBALINGGA untuk melepas dan menutup segala proses bersama ini.

Salam Bunda Hati Kudus, terima kasih semua atas pengalaman ini. Berkah Dalem

Tidak ada komentar: